DPR RI Setujui Naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick untuk Timnas U-20

DPR RI Setujui Naturalisasi Hubner, Jenner, dan Struick untuk Timnas U-20

Cekrik Jakarta - Komisi III DPR RI menyetujui tiga pemain calon naturalisasi warga negara asing (WNA) menjadi WNI untuk Timnas Indonesia U-20.

Ketiganya adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, Mereka disetujui jadi WNI dalam rapat kerja Komisi III DPR RI dengan Menpora, PSSI dan Perbasi, Senin 20 Maret 2023 sore.

Justin Hubner dan Ivar Janner.
Justin Hubner dan Ivar Janner.
Wakil Ketua Komisi III Pangeran Khairul Saleh yang memimpin rapat memastikan telah menyetujui permohonan naturalisasi ketiga pemain keturunan Indonesia itu menjadi WNI.

"Komisi III DPR RI menyetujui permohonan pertimbangan kewarganegaraan RI kepada Justin Hubner, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Jerome Anthony Beane Jr untuk selanjutnya dapat disahkan dalam Rapat Paripurna dan diproses sesuai perundang-undangan," ujar Khairul Saleh.

Dalam rapat kerja bersama itu juga, Komisi III DPR juga menyetujui permohonan naturalisasi pemain bola basket Jerome Anthony Beane Jr yang diajukan Perbasi.

Sebagai informasi, Hubner, Jenner, dan Struick merupakan calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 yang direkomendasikan pelatih Shin Tae Yong. 

Ketiganya masuk skuad Garuda Nusantara yang dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Tanah Air dalam waktu dekat ini.

Ivar Jenner merupakan pemain Jong Utrecht yang memiliki darah Indonesia dari sang ayah. Nenek Jenner bernama Jeane Maria Mann Jenner kelahiran Kencong, Jember, Jawa Timur.

Sedangkan Rafael Struick merupakan pemain ADO Den Haag yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang kelahiran Semarang, Jawa Tengah.

Sementara Hubner bermain untuk Wolverhampton Wanderers. Ayah Hubner keturunan Indonesia dan kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner, kelahiran Makassar.

Sebelumnya, Komisi X DPR RI juga dilaporkan telah memberi persetujuan terkait usulan naturalisasi Justin Hubner dan kawan-kawan.

Hanya saja, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengeklaim pihaknya diberi PR untuk memperbaiki pembinaan usia dini. 

"Tadi Komisi X (DPR) Alhamdulillah sudah menyetujui ya, oleh pak Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI)," ujar Indra Sjafri di Hotel Sultan, Jakarta, Senin 20 Maret 2023.