Perkuat Pendidikan Karakter, Kemendikbudristek Kembali Gelar PUSAKA 2022

Perkuat Pendidikan Karakter, Kemendikbudristek Kembali Gelar PUSAKA 2022

Cekrik Jakarta – Dalam rangka memperkuat pendidikan karakter, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) kembali menggelar PUSAKA (Pekan untuk Sahabat Karakter).

Perkuat Pendidikan Karakter, Kemendikbudristek Kembali Gelar PUSAKA 2022
Perkuat Pendidikan Karakter, Kemendikbudristek Kembali Gelar PUSAKA 2022

Kegiatan PUSAKA 2022 merupakan agenda tahunan sebagai ajang pemberian apresiasi, inspirasi, dan motivasi kepada ekosistem pendidikan yang terlibat aktif dalam kampanye penguatan karakter.

Mengangkat tema “Karakter Kuat untuk Indonesia Semakin Hebat”, puncak apresiasi PUSAKA 2022 yang disiarkan melalui kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI diselenggrakan pada Kamis, (29/12/22).

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menyatakan bahwa penguatan karakter merupakan ruh dari pendidikan Indonesia yang tidak terbatas pada kompetensi intelektual. Karakter yang kuat menjadi bagian dari keterampilan jitu abad 21 yang perlu dimiliki pelajar Indonesia untuk sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

“Untuk menjadikan Indonesia semakin hebat, penguatan karakter di lingkungan pendidikan membutuhkan kolaborasi dan gotong-royong semua lapisan ekosistem pendidikan. Mulai dari satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, keluarga dan masyarakat,” ucap Suharti.

Adapun kegiatannya meliputi inisiasi kolaborasi di lingkungan pemangku kepentingan, bincang-bincang dengan tokoh inspiratif mengenai profil pelajar pancasila, pencegahan dan penanganan kekerasan, serta perwujudan lingkungan belajar yang inklusif dan berbineka, lalu ditutup dengan pemberian apresiasi.

“Apresiasi ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk senantiasa bersinergi menghadapi berbagai tantangan abad 21 dengan selalu menanamkan karakter kuat yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila,” terangnya.

Ada 22 penerima apresiasi yang terbagi atas empat kategori, yaitu kategori Dinas Pendidikan Cerdas Berkarakter, kategori Instansi Inspiratif Cerdas Berkarakter Anti Perundungan,. kategori Instansi Inspiratif Anti Kekerasan Seksual dan kategori Mitra Penguatan Karakter Kebijakan Profil Pelajar Pancasila jenjang PAUD.

Selain itu, terdapat pula tiga Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter Tahun 2022 yaitu Sabarina Nur Sarah dari Jawa Barat, Adiatman dari Kalimantan Utara, dan Widi Astiyono dari Jawa Tengah.

Kepala Puspeka Rusprita Putri Utami mempertegas bahwa melalui kegiatan PUSAKA 2022, Puspeka ingin mengobarkan semangat optimisme kepada semua Sahabat Karakter di seluruh Indonesia.

“Bahwa kunci bagi Indonesia untuk menjadi bangsa yang lebih hebat di panggung global adalah para pelajarnya yang punya karakter kuat sebagai Pelajar Pancasila,” tegasnya.