David Moyes Murka West Ham Kalah di Chelsea, Top skor Premier League: Keputusan Buruk

David Moyes Murka West Ham Kalah di Chelsea, Top skor Premier League: Keputusan Buruk

Cekrik Sport - Manajer West Ham United David Moyes kecewa atas keputusan wasit yang yang berakibat kekalahan West Ham United kalah dalam derby London kontra Chelsea di Stamford Bridge dengan skor akhir 2-1, Sabtu (3/9/2022) malam WIB.

Manajer West Ham United David Moyes kecewa atas keputusan wasit
David Moyes protes ke wasit atas keputusan gol timnya yang dianulir. (Steven Paston/PA) (PA Wire)

West Ham United nyaris menyelamatkan satu poin tandang ke markas Chelsea. Namun gol di penghujung waktu itu dianulir wasit lewat keputusan kontroversial.

Kekalahan The Hammers di markas Chelsea ini menjadikan West Ham United tertahan di posisi 17 klasemen Liga Inggris, dengan total empat poin dari enam pertandingan.

West Ham United memimpin lebih dulu lewat Michail Antonio pada menit ke-62, namun kemudian dibalas oleh Ben Chilwell dan Kai Havertz pada menit ke-76 dan kembali kebobolan di menit ke 88.

Hanya berselang semenit dari gol Havertz, sebenarnya West Ham berhasil menjebol gawang Chelsea untuk menyamakan kedudukan melalui Maxwel Cornet, namun gol itu dianulir wasit Andy Madley karena sebelumnya terjadi benturan Edouard Mendy dengan Jarrod Bowen.

Wasit Madley mengambil keputusan untuk membatalkan gol setelah meninjau kejadian lewat layar Video Assistant Referee (VAR).

Namun, keputusannya wasit dinilai kontroversial sebab kontak Bowen dengan Mendy terlihat minimal.

Manajer West Ham United David Moyes pun langsung melakukan protes dan meminta penjelasan wasit, usai peluit panjang berbunyi.

"Anda melihatnya, itu keputusan skandal, sungguh keputusan busuk dari salah satu wasit yang seharusnya kelas elite. Itu juga tak mengungkapkan banyak hal soal siapapun yang memanggilnya dari ruang VAR juga, itu keputusan yang luar biasa terhadap kami," ujar Moyes dikutip BBC, (4/9/2022).

"Kami merasa menyamakan kedudukan 2-2. Saya sangat mendukung hal-hal terkait VAR, saya sesungguhnya berpikir si kiper melakukan diving, dia berpura-pura cedera karena enggak bisa menjangkau bola berikutnya," tambahnya.

"Dia juga begitu kok pada gol pertama. Wasitnya entah bagaimana melihatnya dengan sangat keliru, ini luar biasa," tambah Moyes.

Top skor Premier League Alan Shearer pun menyebutnya keputusan yang buruk.